0

Good Corporate Governance

Published at 05.29 in

Perusahaan dengan pertumbuhan yang baik sehingga dapat berkembang dan memajukan usahanya tentu tidak dengan mudah dapat dicapai. Diperlukan kerjasama yang baik pada semua pihak. Sebelumnya pernahkah anda mendengar tentang perusahaan yang telah menerapkan good corporate governance dalam operasional usahanya. Semakin baik perusahaan menerapkan prinsip yang ada dalam good corporate governance maka akan mempunyai pengaruh yang baik bagi perekonomian sebuah Negara.
Apa itu Good corporate governance atau yang disingkat GCG?? Mungkin tidak semua orang tau pengertian dari CGG itu sendiri, berikut pengertian dari Good corporate governance adalah upaya atau kerjasama dari semua pihak yaitu stakeholder dan stockholder untuk sistem pengendalian dan pengaturan perusahaan. Good Corporate Governance memang menyangkut orang (moralitas), etika kerja, dan prinsip-prinsip kerja yang baik.
Melihat peristiwa ekonomi yang cukup menghebohkan pada tahun 2009 yaitu kasus bank century. Dimana terjadi kucuran dana yang aliran nya meninmbulkan banyak tanda Tanya. Apabila kita melihat dari prinsip good corporate governace, mungkinkah hal itu bias terjadi.
Dalam good corporate governance terdapat lima prinsip yang seharusnya diterapkan dalam perusahaan guna mendukung pertumbuhan dan stabilitas ekonomi yang baik dalam sebuah Negara. Adapun kelima prinsip tersebut adalah:
Transparancy
Perusahaan sebaiknya mengungkapkan bagaimana kondisi keuangan dengan sebenarnya.
Fairness
GC yang baik mensyaratkan adanya perlindungan untuk hak minoritas.
Accountability
Ada pengawasan yang efektif berdasarkan keseimbangan kekuasaan antara pemegang saham, komisaris, dan direksi.

Responsibility
kepatuhan perusahaan pada peraturan dan undang-undang yang berlaku.
Etika Kerja
Bagaimana etika kerja benar-benar disadari dan diterapkan oleh semua pihak dalam perusahaan.

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

Post Details

No Response to "Good Corporate Governance"

Posting Komentar